Keuntungan Upgrade ke Windows 8.1

windows 8_1 view
windows 8_1 view

windows 8_1 view

Aplikasi Operating System (OS) desktop Microsoft Windows memang diakui masih menjadi primadona para pengguna baik untuk Personal ComputerĀ  (PC) Desktop maupun PC Mobile. Microsoft Windows 8 yang sempat banyak kelemahan kemudian disempurnakan dengan hadirnya Windows 8.1. Bagi yang sudah terlanjur sistemnya terinstall Windows 8 bisa melakukan upgrade onlineĀ  ke Windows 8.1. Berikut dibawah ini kami informasikan keuntungan Windows 8.1 menurut sumber yang dapat dipercaya.

Apa Keuntungan Upgrade ke Windows 8.1 ? – Mungkin inilah pertanyaan yang sering muncul di benak pengguna windows sejak pihak microsoft secara resmi merilis OS ( Operating Sistem / sistem operasi ) terbarunya yaitu Windows 8.1, yang resmi dibuka secara umum pada tanggal 18 Oktober 2013 silam. Sebenarnya Windows 8.1 ini merupakan pembenahan dari Windows 8, jadi lebih mirip seperti service pack alias updatetan-nya Windows 8. Mengingat Windows 8 memiliki banyak bug dan kekurangan “cukup” banyak, pihak microsoft akhirnya merilis versi windows yang lebih sempurna. Nah, kali ini saya akan berbagi tips apa saja kelebihan Windows 8.1 itu, tentunya saya akan membandingkan dengan windows-windows versi sebelumnya, terutama windows 8. Oke langsung saja kita simak beberapa kelebihan windows 8.1 ini

1) Fast Booting
Tak dielakkan memang, proses booting yang cepat merupakan impian semua pengguna PC di seluruh dunia. Dan seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa Windows 8 memiliki kelebihan dari segi booting yang cepat dibanding versi-versi windows sebelumnya. Dalam versi Windows 8.1 ini, pihak microsoft berusaha membuat proses booting menjadi lebih cepat dibanding versi windows sebelumnya, bahkan windows 8 sekalipun.

2) Better Performance

Salah satu kelebihan windows 8 adalah menghilangnya sistem Aero Themes yang tergantikan oleh Metro UI . Nah, pada windows 8.1 ini pihak microsoft telah menyempurnakan sistem Metro UI yang sebelumnya diterpakan pada windows 8, alhasil performa windows 8.1 lebih enteng dan cepat, proses multitasking pun kian lebih baik sehingga menghindarkan kita dari kata “hang” atau “not responding” pada PC kita.

3) More Elegant and Fresh Start Menu
Pada Windows 8 sebelumnya, kita telah mengenal icon yang berbentuk tile yang ukurannya bisa diganti “larger” atau “smaller”, pada windows 8.1 ini, kita bisa menggantinya dengan 4 macam ukuran, yaitu Large, Wide, Medium, dan Small. Tidak hanya itu, background start menu dapat kita ubah dengan background yang ada pada dekstop. Dan banyak fitur lain yang membuat start menu kita menjadi lebih “hidup”.

4) Supercharged Search
Pencarian di sistem windows 8.1 telah diintegrasikan dengan pencarian Bing, sehingga jika kita mengetikkan sesuatu di start menu, dan ternyata tidak dapat ditemukan oleh mesin pencari komputer, maka akan ada opsi untuk memilih pilihan dari pencarian Bing, tentunya akan berguna jika kita dalam keadaan online.

5) More Better and Many Apps
Pada sistem windows 8.1 ini, windows apps bawaan dari OS ini dilengkapi dengan aplikasi baru yaitu Alarm, Food&Drink, Health&Fitness, Scan, Sound recorder, dan Help&Tips . Selain itu aplikasi pada windows store dapat diupdate secara otomatis ketika kita mempunyai koneksi internet, sehingga kita tidak perlu repot-repot membuka windows store jika sekedar mengupdate aplikasi kita. Fitur ini sekaligus menyempurnakan windows store dengan memperkecil kemungkinan “pending downloading” dan menghilangkan error yang sering kita jumpai saat menggunakan windows 8 sebelumnya.

6) Less Space Storage
Meskipun Windows 8.1 bisa dikatakan mempunyai fitur yang lebih lengkap dibanding windows 8, namun tidak membuat windows 8.1 ini mempunyai size yang membengkak. Ukuran windows 8.1 ini bahkan 8-15% lebih kecil dibanding windows 8 . Kelebihan ini tentunya akan berdampak pada penghematan sistem penyimpanan di PC kita.

7) Welcome back “Start Button” !
Mungkin sebagian pengguna windows 8 sempat kecewa dengan keputusan microsoft menghapus start button yang seaakan sudah mendarah daging di sebagian pengguna OS ini. Mengingat hal itu, pihak microsoft mengevaluasi dan akhirnya sadar betapa tentang pentingya start button pada menu. Sehingga mereka memunculkan kembali start button, meskipun pada akhirnya jika ditekan akan memunculkan tampilan start menu. Namun dengan hal ini menunjukaan bahwa windows 8.1 tidak ditujukan pada tablet / PC dengan layar sentuh saja, melainkan kepada semua jenis PC.

Mungkin masih banyak kelebihan-kelebihan lain tentang windows 8.1 ini dibandingkan dengan windows 8, namun saya tidak bisa menyebutkan satu per satu, yang jelas windows 8.1 bisa dikatakan lebih baik dibanding dengan windows 8. Jadi, saya merekomendasikan untuk mengupdate windows anda ke windows 8.1.