Digilib dan Situs Teknologi Pangan Unimus paling di buru pembaca internet

digilib Unimus

Semarang | Unimus (10/12/2014) situs digital library unimus (http://digilib.unimus.ac.id) yang merupakan situs paling diburu pembaca dari situs Univestitas Muhammadiyah Semarang(Unimus)  (http://unimus.ac.id). Hal ini bisa dilihat menurut analisis ALEXA (http://alexa.com) sebuah situs yang menganalisis Web yang dapat dipercaya yang merupakan bagian dari AMAZON.com.

Situs Digilib Unimus memuat publikasi karya ilmiah dan ebook yang sangat dibutuhkan para pembaca internet. Pengelola situs ini adalah Perpustakaan Unimus yang diketuai oleh Ibu Yulia Mutmainnah, S.S, M.Hum. beranggotakan Slamet Dwi Untoto, Muhammad Firdaus, S.Hum, Fathur Rifki, AMd., Devi Pangastuti, S.Md., Kintyas, Nur Yunani, Muhammad Akrom, dan Fina Melati. Perpustakaan unimus merupakan unit paling terdepan dalam memanfaatkan teknologi informasi di Unimus, sistem pelayanan otomatis dengan Library Automatic System Service (LaSer) yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Malang mengembangkan sistem ini sejak tahun 2007. Sistem katalog terpublikasi yang bisa diakses di http://sikapus.unimus.ac.id hampir sebagian besar daftar buku di perpustakaan unimus bisa diakses katalongnya di sistem ini. Konten favouritnya adalah http://digilib.unimus.ac.id dan http://jurnal.unimus.ac.id yang merupakan publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa Unimus.

Setelah Digilib Unimus, menurut Alexa situs program studi Unimus yang banyak diburu pembaca dari unimus adalah Situs Program Studi Teknologi Pangan,yang bisa diakses di http://tekpan.unimus.ac.id, dengan keragaman konten yang dapat diakses menjadikan situs program studi ini menjadi situs nomor dua diburu pembaca (6%) dari seluruh pengakses Unimus, Ketua Program Studi ini adalah Ibu Ir. Siti Aminah, M,Si. (Candidat Doktor Teknologi Pangan Universitas Gajah Mada), dan pengelola Webnya adalah Bapak Agus Suyanto, S.Pt, M.Si..

Sementara Jurnal unimus menduduki peringkat ketiga, situs dosen dan situs mahasiswa.

Laporan dari Alexa per (10/12/2014) adalah seperti tabel berikut.

Where do visitors go on unimus.ac.id?

Subdomain Percent of Visitors
digilib.unimus.ac.id 74.49%
tekpan.unimus.ac.id 6.00%
jurnal.unimus.ac.id 5.84%
dosen.unimus.ac.id 4.34%
mhs.unimus.ac.id 4.04%